LKMM-TM UDINUS 2024 Soroti Kepemimpinan Di Era Digital

LKMM-TM UDINUS 2024 Soroti Kepemimpinan Di Era Digital

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) sukses menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) pada tanggal 20 dan 21 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh 191 peserta yang berasal dari seluruh fakultas di UDINUS. Dengan tema “Perencanaan Strategi untuk Organisasi Di Era Digital”, LKMM-TM tahun ini berlangsung dengan penuh antusiasme dan inspirasi.

Hari pertama kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung H7 UDINUS dan dibuka dengan sambutan dari Rektor UDINUS, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., yang menekankan pentingnya cinta terhadap tanah air Indonesia.

“Saya ingin menanamkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia kepada mahasiswa lewat pemaparan materi saya ini,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari lima pemateri. Ir. Bambang Sulistiyanto selaku perwakilan dari Belmawa, membahas pentingnya manajemen dan kepemimpinan di lingkungan pendidikan. Brigjen Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum., membawakan materi tentang bahaya narkoba dan pentingnya pencegahan di kalangan mahasiswa. Pada sesi ini, dilakukan pengambilan 120 sampel urin dari mahasiswa dan staf UDINUS sebagai langkah preventif.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Dr. Nila Tristiyarini, M.Si., CSRA, yang membahas tentang dampak globalisasi terhadap mahasiswa dan bagaimana mereka harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan global. Kemuadian dilanjutkan Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom., yang memberikan wawasan tentang perkembangan teknologi informasi dan perannya dalam dunia pendidikan. Materi ditutup oleh Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.CS., yang mengajarkan pentingnya berpikir kritis dalam menghadapi berbagai situasi.

Hari pertama juga diisi dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal para peserta tentang materi yang akan dibahas selama kegiatan.

Kegiatan hari kedua dilaksanakan di Aula Gedung E3 UDINUS. Kegiatan ini dimulai dengan paparan dari Dr. Kusni Ingsih, S.E., M.M., yang memberikan materi tentang pentingnya kepemimpinan dalam organisasi.

“Kepemimpinan yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam organisasi mana pun,” paparnya.

Selanjutnya, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T., membawakan materi mengenai konsep sahabat dalam analisis organisasi yang memberikan perspektif baru tentang bagaimana membangun hubungan yang kuat dan produktif dalam sebuah tim.

Setelah sesi materi, peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan diskusi dan analisis kasus. Setiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka di hadapan peserta lain.

Acara diakhiri dengan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Penutupan acara ditandai dengan sesi awarding, di mana kelompok dengan presentasi terbaik mendapatkan penghargaan khusus.

Penulis : Ivanaya Sheina Pratiwi

Gambar : Dokumentasi BEM-KM Udinus

Editor : Rahma Fadila Rahayu

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: