Hebat! Kecerdasan Buatan yang Kini Setara Dengan Lulusan S3

Hebat! Kecerdasan Buatan yang Kini Setara Dengan Lulusan S3

Saat ini teknologi sedang berkembang pesat, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk meningkatkan teknologi mereka dengan bantuan teknologi, terutama dengan menggunakan AI yang saat ini berjasa untuk kehidupan sehari-hari manusia dalam membantu beberapa permasalahan. Baru-baru ini, ada berita mengengemparkan mengenai teknologi yang mulai berkembang dengan pesat, yaitu AI.

Perusahaan teknologi buatan yaitu OpenAI memiliki model AI bahasa besar atau LLM yang diberi nama GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang saat ini sendiri sudah memasuki generasi keempat dan tentunya dalam perkembangannya akan semakin pintar. Namun tak hanya itu, saat ini perusahaan ini sedang mengembangkan AI yang nantinya akan menjadi generasi selanjutnya yaitu GPT-5 yang digadang-gadang akan memiliki kepintaran yang setara dengan mahasiswa doktor atau S3.

Untuk menggambarkan beberapa kecerdasan AI generasi sebelumnya bisa menggunakan cara yaitu dengan mengukur perbandingan tingkat usia dan kepintaran pada manusia. Sebagai contohnya adalah GPT-3 memiliki kecerdasan yang hampir mirip dengan kecerdasan balita. Sedangkan untuk GPT-4 memiliki kecerdasan diatasnya selayaknya murid SMA yang pintar, tentunya ini akan terus berkembang.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan bersama dengan Dartmouth Engineering, Mira Murati memaparkan bahwa GPT-5 ini nantinya akan hadir pada akhir tahun 2025 atau paling tidak pada awal tahun 2026. Terkait dengan klaim yang dikatakan oleh Mirati sebelumnya mengenai pintarnya GPT-5, juga mempertegas video YouTube CTO Microsoft.

Dalam perbincanganya, Kevin Scott meyakini bahwa sistem AI pada generasi selanjutnya akan lolos dalam melewati ujian Ph.D berkat memori dan peroperasiannya yang jauh lebih baik. Akan tetapi, Scott juga menambahlan bahwa memori AI nantinya akan semakin baik sehingga dapat memberikan tanggapan secara lebih alami dan akurat.

Penulis: Annisa Cardina Kamilia Aziz

Foto: Pinterest

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: