Flipside, Fitur Baru Instagram Mirip dengan Second Account

Flipside, Fitur Baru Instagram Mirip dengan Second Account

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang populer di kalangan pengguna internet. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi atau mengunggah foto dan video dengan teman, keluarga, kerabat, maupun publik. Namun, terkadang kita ingin menunjukkan sisi lain dari diri kita yang lebih pribadi atau personal, tanpa harus memikirkan dan khawatir dengan citra atau pandangan dari orang lain. Untuk itu, Instagram merilis sebuah fitur baru yang dinamakan Flipside.

Flipside adalah sebuah fitur yang memberikan ruang khusus bagi para pengguna untuk lebih mengekspresikan diri lebih bebas dan nyaman. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat profil atau laman kedua yang terpisah dari profil utama dengan nama, bio, dan isi konten yang mungkin berbeda tanpa harus membuat akun baru. Profil Flipside ini hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu yang dipilih oleh pengguna, sehingga pengguna dapat mengunggah atau berbagi konten yang lebih personal kepada orang yang dipercayai.

Fitur ini mirip dengan konsep finsta atau orang sekarang menyebutnya sebagai second account, yaitu akun Instagram alternatif yang biasa digunakan oleh pengguna untuk mengunggah konten secara random, tanpa harus memikirkan tone feeds atau ekspektasi orang lain. Namun, bedanya fitur ini tidak memerlukan pengguna untuk membuat akun baru.

Pengguna hanya perlu menekan ikon bergambar kunci di pojok kanan bawah profil mereka untuk beralih ke Flipside. Pengguna juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat Flipside mereka, dapat mengubah foto profil, display name, dan bio sesuai keinginan.

Seperti halnya fitur lain, fitur Flipside Instagram juga memiliki beberapa pro dan kontra. Berikut adalah pro dan kontra dari fitur baru Instagram ini:

Pro Kontra Flipside

PRO

  • Fitur Flipside Instagram memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin memiliki dua laman atau profil pribadi tanpa harus repot membuat akun baru.
  • Fitur Flipside memungkinkan pengguna untuk bebas menampilkan sisi yang lebih ‘jujur’ atau personal dari diri mereka yang hanya dapat diakses oleh orang-orang terpercaya dari pengguna.
  • Fitur Flipside juga dapat membantu pengguna untuk memisahkan kehidupan pribadi dan publik, terutama bagi mereka yang menggunakan Instagram untuk bisnis atau profesional.

KONTRA

  • Fitur Flipside Instagram dapat menimbulkan masalah privasi jika pengguna tidak berhati-hati dalam memilih siapa yang dapat melihat laman Flipside mereka.
  • Menurut beberapa pengguna terdapat banyak fitur lain yang lebih dibutuhkan pengguna dibanding Flipside, salah satu contohnya adalah fitur story yang jadi sering lag dan notif yang tak hilang-hilang padahal saat dibuka tidak ada apa-apa.
  • Fitur Flipside juga dpat menimbulkan masalah etika atau moral jika pengguna menggunakan fitur ini untuk tujuan negatif atau melanggar aturan. Misalnya cyberbullying, hate speech, atau hal negatif lainnya. Hal ini dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, serta melanggar pedoman komunitas Instagram.

Fitur Flipside Instagram membuka peluang bagi pengguna untuk mengekspresikan diri secara lebih bebas dengan mengaktifkan profil kedua yang terpisah, meski dalam satu akun. Para pengguna dapat membagikan konten yang lebih personal mengenai diri mereka melalui fitur ini. Fitur ini memiliki pro dan kontra, tergantung cara pengguna memanfaatkannya. Fitur ini juga memiliki sisi yang lebih praktis dibandingkan finsta atau second account.Bijaklah dalam bersosial media, karena setiap apapun yang kita unggah dapat menjadi jejak digital kita yang mungkin saja dapat mempengaruhi citra dan hubungan kita dengan orang lain.

Penulis: Dinar Emilia

Editor: Ika Safira

Sumber Artikel: kumparan.com, habiskerjacom (instagram)

Sumber Gambar: freepik Designed by coolvector on Freepik

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: