Membentuk Jiwa Kepemimpinan di Era Milenial melalui Workshop Character Building di Universitas Dian Nuswantoro

Membentuk Jiwa Kepemimpinan di Era Milenial melalui Workshop Character Building di Universitas Dian Nuswantoro

Kamis, 4 Januari 2023 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar Workshop  Character Building dengan tema “Membentuk Jiwa Kepemimpinan Yang Berani, Kreatif dan Inovatif di Era Millenial 

Kegiatan ini diselenggarakan di gedung  E.3 Universitas Dian Nuswantoro yang dihadiri oleh seluruh Aktivis UDINUS & Mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP), Rektor Udinus serta pembicara pada acara Workshop ini Prof. Dr. Ir. Illah Sailah MS.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. sekaligus mengenalkan prestasi yang sudah diraih oleh UDINUS, pada acara ini Prof.Edi menyampaikan materi tentang  Best Practice E-Gamelan Dian Nuswantoro, kemudian dilanjutkan memperkenalkan E-Gamelanku yang berhasil meraih prestasi hingga ke luar negeri menyumbangkan prestasi yang membanggakan bagi Udinus. 

Salah satu kesempatan yang membuat bangga, E-Gamelanku berkesempatan diundang untuk menampilkan pertunjukan di UNESCO, Paris dengan membawakan Tari Bedaya Nuswantoro dengan lantunan yang diiringi oleh E-Gamelanku.

Menurut Prof. Edi, E-Gamelanku dirancang untuk memperkenalkan alat musik tradisional Gamelan dengan cara yang modern kepada generasi sekarang ini. Di zaman sekarang semakin marak anak-anak muda yang tidak mengenal gamelan, karena akses untuk memperlihatkan gamelan yang terbatas karena faktor harga yang terbilang mahal, serta tempat yang dibutuhkan cukup luas. Maka dari itu Dosen & Mahasiswa UDINUS berkolaborasi merancang E-Gamelanku agar gamelan dapat dimainkan dan didengarkan kapan saja dan dimana saja.

Inovasi terus dilakukan, salah satunya bentuk upgrade dari E-Gamelanku yaitu robot yang berfungsi memainkan alat musik ini yaitu gamelan. Robot ini dinamakan  Robot Sekar Nuswantoro. Selain E-Gamelanku, Prof. Edi juga memperkenalkan prestasi dan penemuan lainnya yang diraih oleh UDINUS yaitu Animasi Si Warik, Robot Catur ROCAKU dan Becak Listrik BECIKU.

Pada rangkaian acara berikutnya yaitu Pemaparan materi workshop Character Building oleh Prof. Dr. Ir. Illah Sailah MS, selaku guru besar IPB. Pemaparan yang ia berikan berisi materi mengenai pembentukan karakter pada seseorang dan bagaimana karakter seseorang dapat berubah.

Dalam materinya ia menjelaskan, untuk memiliki karakter pribadi yang unggul sebagai mahasiswa kita perlu mensinergikan hard skill & soft skill yang kita miliki. Ia menjelaskan pentingnya kolaborasi sebagai kunci kesuksesan, strategi berkolaborasi yang mana menjadikan kerja sama tim untuk mengeksplor solusi dan bertukar ide untuk mencapai tujuan.

Di akhir acara dilaksanakan Leadership Group Discussion (LGD) oleh peserta dengan membentuk pola angka dan mengitung nilai akhir yang didapatkan setiap peserta. Hal Ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi karakter kepemimpinan pada setiap peserta serta melatih peserta untuk berdikusi secara team work.

Penulis: Dinda Nabila Setiana

Foto: Dokumentasi Wartadinus

Editor: Yiyis Juni S

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: