Dinus Expo Demo Day 2023 Jadi Sarana Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Wirausaha Merdeka

Dinus Expo Demo Day 2023 Jadi Sarana Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dalam Wirausaha Merdeka

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar acara Dinus Expo Demo Day pada 2 Desember 2023 berlokasi di The Park Mall lantai 2. Acara Dinus Expo Demo Day merupakan acara seminar dari program Wirausaha Merdeka (WMK).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko,M.Kom  dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Kusni Ingsih,MM serta Ketua Tim Pengelola WMK Udinus, Tim WMK Kemendikbudristek Sandi Aditya dan mitra-mitra lainnya.

Dinus Expo Demo Day merupakan acara seminar yang dihadiri oleh 80 stand WMK dari berbagai universitas di Semarang. Program ini merupakan salah satu program Kampus Merdeka yaitu Wirausaha Merdeka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri sebagai calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Ketua Tim WMK Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom, M.T, yang memimpin program ‘Precision Technopreuneurship,’ berharap produk yang dihasilkan mahasiswa dapat menjadi produk berkelanjutan dengan didanai oleh investor.

“Teman-teman yang sudah membuat produk di sini akan kita pilih 36 produk. Dari 36 produk tersebut, kita akan pertemukan dengan investor-investor. Harapannya produk mereka bisa menjadi produk berkelanjutan, didanai oleh investor dan sampai ke tahapan ekspor. Untuk produk-produk yang tidak sampai ke investor, kita berharap mereka bisa berlanjut karena di Udinus juga ada beberapa program terkait kewirausahaan yang akan kita bantu,” ungkapnya.

Salah satu inovasi menarik di Expo adalah stand Alat Pemotong Daun Pisang, yang dirancang untuk memudahkan pemotongan daun pisang yang sering digunakan sebagai pembungkus produk makanan. Stand lainnya adalah Mari (Makan Sendiri) Stabilizer Spoon, sebuah inovasi dari Sandi Ramadhan, mahasiswa Teknik Biomedis. Sandi menjelaskan bahwa Mari merupakan singkatan dari “Makan Sendiri” dan ditujukan untuk membantu orang yang mengalami stroke agar dapat makan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Stand Mari Stabilizer Spoon, Sandi Ramadhan, Teknik Biomedis. Suasana di Expo Demo Day Wirausaha Merdeka Universitas Dian Nuswantoro sangat ramai dan penuh kreativitas, menunjukkan antusiasme mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide wirausaha.

Penulis: Dinda Nabila Setiana dan Dinar Emilia

Sumber Foto: Dokumentasi Wartadinus (Anggit dan Widias)

Editor: Yiyis Juni S

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: