Mahasiswa Ilkom Udinus Adakan Procage 2023, Bantu Siapkan Diri Menuju Dunia Kerja Yang Profesional

Mahasiswa Ilkom Udinus Adakan Procage 2023, Bantu Siapkan Diri Menuju Dunia Kerja Yang Profesional

Procage 2023

Jumat, 24 November 2023, mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil menggelar talkshow Professional Career Dialogue (Procage) yang mengusung tema “Smart Way to Build Professional CV and Manner of Business” di Auditorium Gedung E3. Acara ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa ilkom semester lima yang mengambil mata kuliah Bimbingan Karir (BK).

Procage 2023 adalah sebuah kegiatan yang termasuk dalam serangkaian mata kuliah Komunikasi Bisnis (Kombis). Dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Zahrotul Umami, M.I.Kom dan Yova Beltz, talkshow ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dengan profesional.

Devi Purnamasari S.I.Kom, M.I.Kom selaku koordinator Bimbingan Karir Fakultas Ilmu Komputer (FIK)

“Tujuan dari procage ini rangkaian dari bimbingan karir, dimana mahasiswa itu berkesempatan untuk belajar dengan profesional, entah tentang Curriculum Vitae (CV), etika bisnis, dan etika kerja,” tutur Devi Purnamasari S.I.Kom, M.I.Kom selaku koordinator Bimbingan Karir Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dan dosen pengampu Kombis Udinus yang akrab dipanggil Miss Devi

Dalam sambutannya, Alrhizky Ragil Saputra sebagai ketua panitia Procage mengungkapkan ucapan terimakasih kepada para hadirin, panitia, Miss Devi, dan BK Udinus Kediri karena telah menyempatkan waktunya untuk hadir dan mensukseskan acara ini. Procage 2023 dibuka oleh Miss Devi dengan harapan semoga acara berjalan dengan lancar.

Zahrotul Umami, M.I.Kom, Dosen Ilkom Udinus

Diawali dengan pemaparan Materi “Etika dalam Dunia Kerja” oleh Zahrotul Umami, M.I.Kom, seorang dosen Ilkom Udinus yang sudah lebih dari 20 tahun berpengalaman di bidang Marketing Communication (MarCom) dan Branding. Membahas tentang pentingnya beretika dimanapun berada, terlebih di dunia kerja. Beliau juga memberikan cara membangun etika di lingkungan kerja yakni, memenuhi tanggung jawab, jujur dalam aksi, tidak menyembunyikan informasi terkait pekerjaan, dan menyatakan kebenaran.

“Memang dalam dunia apapun, mau membangun bisnis, bekerja di industri, maka kita harus membangun integritas kita supaya kita tetap dicari dan diterima di industri,” ujarnya.

Yova Beltz (Bu Yo), Human Resource (HR)/ career content creator dan founder chisera.consuling

Selanjutnya, penyampaian Materi “Bedah CV dan Interview Kerja” oleh Yova Beltz (Bu Yo), dengan latar belakang sebagai Human Resource (HR), Career Content Creator, dan Founder Chisera.Consuling . Bu Yo memberikan ilmu baru mengenai tipe-tipe CV, interview kerja dengan menggunakan metode Situation Task Action Result (STAR) , hingga persiapan diri untuk interview. Beliau memberi pesan bahwasanya penting untuk menanamkan sebuah  komitmen dan disiplin.

“Yang harus kalian tanamkan itu cuma dua, yang pertama itu adalah komitmen karena tanpa komitmen kalian nggak akan pernah memulai apapun dan tanpa disiplin kalian tidak akan pernah menyelesaikan apapun,” ujarnya.

Sesi talkshow bersama Bu Yo ditutup dengan bedah CV dengan mereview beberapa CV yang ditampilkan di layar. Dalam membuat CV, beliau memberikan tips untuk mengetahui tujuan terlebih dahulu.

“Kita harus tahu dulu, kita tujuannya ngapain. Kita mau cari kerja aja atau kita cari karir, yang pasti kita tahu kalau kita punya karir, kita pasti punya pekerjaan. Kalau kita punya pekerjaan, belum tentu kita punya karir,” tambahnya.

Wawancara narasumber

Saat diwawancarai usai acara, Bu Yo merasa unexpectable karena menjadi narasumber di acara yang sangat keren. Tidak lupa, beliau juga mengapresiasi kerja keras dari para panitia.

Unexpectable ya awalnya itu, karena kebetulan aku memang sering di-invite ke acara seminar ataupun webinar, tapi ini salah satu yang wah banget. Aku bisa acungin jempol untuk preparationnya, ini keliatan preparation itu nggak bohong,” ucapnya.

Dengan diselenggarakannya acara ini, sebagai narasumber sekaligus dosen ilkom Udinus, Zahrotul Umami berharap kepada mahasiswa untuk mandiri, berprestasi, dan berkarya nantinya.

“Harapan saya untuk mahasiswa, kedepannya bisa berkarir sesuai dengan apa yang diinginkan dan juga sesuai dengan kompetensinya, bener-bener cepat mendapatkan pekerjaan dan menyusun karirnya, sehingga mahasiswa bener-bener sudah lepas dari tanggung jawab dari orang tua. Jadi, langsung mandiri, bisa berprestasi, dan berkarya di luar sana, dan cepat lulus,” tutupnya.

Penulis : Hilyana Arieandhien

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Sumber Gambar : Dokumentasi Wartadinus (Auliya Shandrina)

Related Post

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: