Ciptakan Kedekatan Antar Ormawa Udinus Melalui Refreshing Kepemimpinan (RK)

Ciptakan Kedekatan Antar Ormawa Udinus Melalui Refreshing Kepemimpinan (RK)

Sumber Gambar: Dokumentasi Panitia RK

Refreshing Kepemimpinan (RK) merupakan agenda rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan (BIMA) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). RK didapuk sebagai wadah untuk menguatkan visi di bidang kemahasiswaan setelah proses regenerasi pada semua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) mulai dari tingkat universitas hingga tingkat fakultas. Selain itu, adanya RK juga menjadi ajang untuk menciptakan kedekatan antar Ormawa di Udinus agar kedepannya bisa bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik dalam melaksanakan progam kerja selama periode masa jabatan berlangsung maupun bersinergi sebagai Dinusian.

Kegiatan ini telah selesai dilaksanakan, berlangsung selama 3 hari dimulai sejak Jumat, 20 Oktober 2023 hingga Minggu, 22 Oktober 2023. Tahun ini Halaman Mangga Dua Udinus dipilih sebagai lokasi perkemahan para peserta RK. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., turut hadir memberikan sambutan di Aula Gedung E3 Udinus. Harapannya dengan adanya RK ini mahasiswa bisa saling memberikan dukungan satu sama lain.

Dengan adanya kegiatan ini adik adik mahasiswa dari 78 organisasi ini bisa bersatu padu, saling support satu dengan yang lain, aku, kamu, kita Dinusian menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Sebanyak 78 ketua Ormawa dan mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)  yang mengikuti RK turut dibekali softskill berupa leadership agar dapat memiliki jiwa kepemimpinan khususnya dilingkungan universitas. Selain pembekalan materi, ada beragam kegiatan lain yang asyik dan menyenangkan selama kegiatan RK berlangsung seperti tracking, senam yang dikemas dalam kegiatan sehat ceria, game antar kelompok, sarahsehan, inagurasi dan pentas seni, Green Campus serta kegiatan Bakti Ormawa.

Selama kegiatan sarasehan mahasiswa diberi kesempatan untuk saling berbagi cerita dan memberikan pesan dan kesannya kepada sesama mahasiswa maupun BIMA Udinus, kemudian dilanjutkan dengan penampilan pentas seni oleh masing-masing kelompok dari para peserta yang berlangsung dengan meriah pada Sabtu, 23 Oktober 2023.

Di akhir kegiatan pada Minggu, 22 Oktober 2023 peserta RK melakukan aksi Green Campus dimana dimana perwakilan dari mahasiswa oleh Presiden Mahasiswa (Presma), Biro Kemahasiswaan, dan Wakil Rektor  melakukan penanaman bibit pohon di area parkir Gedung D dengan harapan pohon yang ditanam dapat menghijaukan lingkungan kampus Udinus.

Tepat setelah Green Campus dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan aksi Bakti Ormawa. Para peserta diajak untuk membersihkan sampah-sampah di lingkungan sekitar gedung D,E, dan F. Dengan harapan dapat menyadarkan para mahasiswa terhadap lingkungan sekitar dan sebagai bentuk bakti oleh Ormawa kepada Udinus.

Salah satu peserta, Ammar Shafardan selaku Ketua Umum Wartadinus mengaku senang mengikuti RK karena sangat seru dan mempererat tali solidaritas antar Ormawa.

RK sangat seru dan bermanfaat bagi kami para perwakilan Ormawa untuk kedepannya. Karena dari RK ini kami jadi bisa mengenal satu sama lain ketua-ketua dari setiap Ormawa yang ada di Udinus. Sehingga dapat mempererat hubungan yang baik dengan antar Ormawa,” ungkapnya.

Selain itu, dengan kegiatan RK juga mahasiswa bisa lebih mengenal lingkungan kampus.

Satu lagi karena RK tahun ini dilakukan di kampus, kami jadi bisa mengenal lingkungan kampus lebih luas dan lebih dalam,” imbuhnya.

Penulis: Aninda Ratna Ghifarani

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: