Posbindu, Program Pengabdian Kepada Masyarakat antara Fakultas Kesehatan dengan Poliklinik Udinus

Posbindu, Program Pengabdian Kepada Masyarakat antara Fakultas Kesehatan dengan Poliklinik Udinus

Pada Jumat, 20 Oktober 2023 dilakukan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan (Fkes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Untuk kegiatan kali ini program studi (prodi) Kesehatan Lingkungan (Kesling) menjadi penanggungjawab daripada acara ini.

Posbindu PTM dan pengobatan gratis ini menyasar masyarakat khususnya di Kelurahan Pendrikan Kidul. Acara yang diselenggarakan oleh Fkes itu disambut dengan antusias oleh masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk pemeriksaan.

Menurut Dr. Drs. Slamet Isworo, M.Kes., selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) S-1 Kesehatan Lingkungan (Kesling) Udinus, posbindu merupakan kegiatan rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Fkes sebagai wujud dari pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan ini menjadi rutin terintegrasi dengan mahasiswa dan dosen,” ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan di selasar Gedung C Udinus ini tidak memungut biaya sepeserpun. Untuk Masyarakat yang hendak memeriksakan dirinya, mereka cukup membawa KTP untuk mengisi identitas diri saat pemeriksaan. Kegiatan pemeriksaan ini meliputi pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), pemeriksaan gula darah, kolesterol serta pengobatan gratis.

Kegiatan yang dilakukan rutin secara bulanan ini turut serta mengajak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Poliklinik Udinus serta puskesmas. Kegiatan yang dilakukan dalam satu hari ini berhasil disambut dengan antusias oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat yang ada di Pendrikan Kidul saja, namun ada dosen serta mahasiswa yang turut meramaikan jalannya acara.  Menurut Isworo kegiatan ini tidak ditentukan berapa target dari masyarakatnya.

“Semoga program ini berkelanjutan karena memang pemberdayaan masyarakat sekitar juga baik, terutama untuk penyakit tidak menular seperti kolesterol, glukosa, asam urat,” tutupnya.

Penulis : Ivanaya Sheina Pratiwi

Gambar : Dokumentasi Wartadinus

Editor : Aninda Ratna Ghifarani

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: