POLIKLINIK UDINUS BUTUH PENINGKATAN MUTU PELAYANAN

POLIKLINIK UDINUS BUTUH PENINGKATAN MUTU PELAYANAN

Poliklinik Dian Nuswantoro didirikan untuk memberikan fasilitas layanan kesehatan kepada para mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Nominal sebesar dua ratus lima puluh ribu rupiah wajib dibayarkan oleh mahasiswa aktif Udinus setiap semester untuk biaya pelayanan poliklinik ini. Persyaratan wajib pembayaran sudah dipenuhi oleh mahasiswa, tapi apakah kinerja dan pelayanan para staf poliklinik sudah maksimal?

Berdasarkan survei yang dipublikasikan di web Publikasi Dinus didapati bahwa sebesar 46,7% mahasiswa menyatakan puas terhadap layanan yang diberikan poliklinik dan sisanya menyatakan tidak puas.

Dari survei tersebut secara tidak langsung terlihat secara jelas bahwa lebih dari setengah populasi mahasiswa Udinus mengakui bahwa kinerja para staf poliklinik tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan tidak memberikan pelayanan secara baik dan memuaskan terhadap para pasien poliklinik Dian Nuswantoro.

            Sudah banyak mahasiswa yang mengeluhkan pelayanan yang buruk di bagian pendaftaran atau administrasi. Sudah seharusnya staf poliklinik yang notabenenya staf pelayanan kesehatan memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan juga seramah mungkin kepada pasien kurang sehat yang akan berobat. Selain itu, dokter di poliklinik Dian Nuswantoro juga terkadang tidak memeriksa pasien tetapi hanya menanyakan keluhan pasien kemudian memberikan resep obat. Kinerja dokter di poliklinik dinilai kurang efektif karena tidak melakukan tindakan pemeriksaan secara langsung tapi hanya mendiagnosis dari keluhan pasien saja.

            Hal-hal tersebutlah yang melatar belakangi ketidakpuasan terhadap hasil survei yang berkaitan dengan poliklinik Dian Nuswantoro. Sejumlah mahasiswa yang menyatakan ketidakpuasan terhadap pelayanan poliklinik menganggap bahwa mereka tidak diberikan timbal balik yang sesuai terhadap apa yang mereka berikan rutin setiap semesternya. Sebagai mahasiswa, mereka tidak meminta hal lebih tetapi mereka hanya meminta untuk diberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan juga pemeriksaan yang layak.

            Sudah seharusnya pihak Udinus mendengar keluh-kesah mahasiswa dengan memberikan penyuluhan dan kegiatan tindak lanjut atas keluhan mahasiswa kepada pihak-pihak terkait. Penyuluhan ini seharusnya dengan segera dilakukan untuk semakin meningkatkan kenyamanan dan juga mutu poliklinik Dian Nuswantoro.

Penulis: Mistlu ladiyana Fidela Latifa

Sumber: dinus.org

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: