Menghadirkan Banyak Peserta dari Seluruh Indonesia, Dinusfest 2023 Resmi Dibuka

Menghadirkan Banyak Peserta dari Seluruh Indonesia, Dinusfest 2023 Resmi Dibuka

Berbeda dari tahun sebelumnya, Dinus Festival (Dinusfest) 2023 telah dilaksanakan secara luring pada Rabu, 18 Januari 2023. Setiap tahunnya, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar acara Dinusfest untuk memberi wadah bagi generasi muda khususnya siswa SMA/K dan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang ingin mengembangkan bakatnya baik di bidang akademik maupun non akademik.

Dinusfest memiliki beragam lomba yang diselenggarakan oleh 33 Organisasi kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan UDINUS. Dengan total peserta lomba yang tercatat dalam sistem yaitu sebanyak 5.124, terdiri dari siswa SMA/K dan mahasiswa ikut serta dalam berbagai cabang lomba yang tersedia.

Pembukaan lomba disambut oleh penampilan dari UKM e-gamelan dan Dance From Udinus. Kemudian diresmikan secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., bersama Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Rindra Yusianto, S.Kom, M.T., Dekan dan Kaprodi dari seluruh fakultas di Udinus, serta para ketua lembaga, para kepala biro, dan para kepala progam studi.

Dalam Dinusfest kali ini tersedia 63 cabang lomba dari kegiatan olahraga, seni, dan penalaran. Tingkatan lomba Dinusfest ini sudah berada pada tingkat nasional karena pesertanya tersebar dari penjuru Nusantara seperti Sumatra, Medan, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Pulau Jawa. Jumlah peserta Dinusfest ini meningkat dari tahun sebelumnya, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Rindra Yusianto, S.Kom, M.T.

“Alhamdulillah peserta meningkat, ya artinya memang kita sudah merindukan kompetisi baik itu olahraga, seni, maupun penalaran karena mungkin kita sudah relatif lelah dua tahun pandemi sehingga event ini menjadi harapan bagi teman-teman di seluruh Nusantara untuk menunjukkan eksistensinya,” ungkapnya.

Lokasi perlombaan tersebar di beberapa area seperti di GOR Udinus Sport Center, GOR Satria, GOR Patriot, dan juga beberapa tempat di lingkungan Udinus. Udinus bekerja sama dengan banyak pihak terkait untuk bersama-sama menyukseskan acara Dinusfest kali ini. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M. meminta antusiasmenya untuk ikut serta berpartisipasi dalam mendukung Dinusfest ini dengan menengok kegiatan lomba yang telah dilaksanakan dan tersebar di beberapa area tersebut.

“Mari kegiatan itu kita bangun terus kita lakukan terus supaya ajang kita untuk menampilkan organisasi kemahasiswaan itu baik. Oleh sebab itu, hari ini kegiatan Dinusfest yang tadi sudah dilaporkan oleh Pak Rindra ada dimana-mana itu kami mohon kita semua menengok kalo ada waktu, kesana-kesini melihat kegiatan yang adik-adik lakukan,” terangnya.

Dinusfest 2023 tahun ini berlangsung selama kurang lebih dua minggu, dimulai pada Rabu, 18 Januari – 29 Januari 2023. Nantinya pada puncak acara yaitu pada tanggal 29 Januari 2023 akan ada pengumuman pemenang lomba sekaligus pemberian hadiah berupa uang tunai hingga ratusan juta rupiah dan beasiswa yang berguna bagi siswa SMA/K yang akan melanjutkan studi di Udinus. Tidak hanya itu, Dinusfest nantinya akan menghadirkan hiburan yang dimeriahkan oleh Denny Caknan yang berlokasi di halaman Gedung G.

Penulis: Aninda Ratna Ghifarani

Sumber foto: Dokumentasi Wartadinus

Editor: Katarina Setiawan

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: