Mau Liburan ke Kota Semarang? Ini dia 5 Wisata Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi!

Mau Liburan ke Kota Semarang? Ini dia 5 Wisata Kuliner yang Wajib Kamu Kunjungi!

Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Kota Semarang juga tak kalah menarik bagi para pecinta kuliner. Saat berkunjung di kota ini kurang lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner mencicipi makanan legendaris khas Kota Semarang. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, jajanan kaki lima hingga restoran, semua tersaji di sudut jalanan Kota Semarang. Dijamin lidah Anda akan dimanjakan dengan berbagai varian rasa dari kuliner ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini. Yuk, intip apa saja tempat wisata kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Semarang.

  1. Lumpia Gang Lombok
Sumber: Good News From Indonesia

Tak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas yang menjadi ikon Kota Semarang, yaitu lumpia. Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Semarang. Tempat ini tak pernah luput dari para wisatawan saat berkunjung ke Kota Semarang. Berlokasi di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Lumpia Gang Lombok menawarkan sajian lumpia basah dan kering dengan tambahan acar timun dan saus cocolan. Harga satu lumpia dapat dibanderol mulai dari Rp15.000. Tempat ini dibuka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Pisang Plenet Pak Yuli

Sumber: Meramuda

Bagi Anda pecinta buah pisang, Kota Semarang memiliki makanan legendaris berbahan dasar pisang yang bisa ditemukan di Pisang Plenet Pak Yuli. Kabarnya tempat makan ini sudah ada sejak 1970, lho! Tapi jajanan pisang plenet ini masih menjadi idola bagi para pecinta kuliner. Kata “plenet” sendiri berasal dari proses pembuatan pisang yang dipenyek atau dipipihkan lalu dibakar diatas arang. Rasa smokey yang muncul dari proses pembakaran ini menjadi ciri khas dari Pisang Plenet Pak Yuli. Anda juga dapat menikmatinya dengan menambahkan beberapa varian toping yang disediakan. Harga satu porsi pisang plenet dibanderol mulai dari Rp6.000 – Rp12.000. Pisang Plenet Pak Yuli dapat Anda temukan di Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang dengan jam operasional mulai dari pukul 17.00 – 24.00 WIB.

3. Toko Oen

Sumber: Padmanews.Id

Sebuah restoran dengan konsep bangunan kuno ini identik dengan kuliner manisnya. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan manis. Berdiri sejak 1936, menjadikan Toko Oen sebagai salah satu restoran legendaris di Kota Semarang yang terletak Jl. Pemuda No. 52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. Menu andalan mereka yang wajib dicoba adalah es krimnya dengan berbagai varian rasa mulai dari coklat, vanilla, stroberi, hingga kopyor. Tak hanya itu, Toko Oen juga terkenal dengan kudapan manis legendarisnya yaitu Oen’s Symphony yang merupakan lima scoop es krim dengan rasa berbeda lengkap dengan slagroom dan kue lidah kucing. Anda dapat menikmati lezatnya es krim sambil menikmati keindahan bangunan khas Toko Oen yang memberikan nuansa zaman kolonial. Satu porsi es krim mereka dapat dibanderol mulai harga Rp 20.000-an. Tak hanya es krim, mereka juga menyediakan berbagai macam varian kue kering dan makanan berat yang tak kalah lezat. Toko Oen dapat Anda kunjungi mulai dari pukul 10.00 – 21.00 WIB setiap harinya.

4. Leker Paimo

Sumber: Kabar Joglo Semar

Jajanan yang satu ini juga merupakan makanan legendaris Kota Semarang. Bertempat di Jl. Karanganyar No. 37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, atau tepatnya di depan SMA Kolese Loyola, Leker Paimo tak pernah sepi pengunjung. Buka setiap hari mulai dari jam 10.00 sampai 17.00 WIB, kecuali hari Minggu, Anda dapat menikmati kelezatan leker khas Leker Paimo yang bervariasi mulai dari leker manis hingga gurih tersedia di sini. Berbagai macam varian toping dapat Anda pilih sesuai selera, seperti coklat, susu putih, keju manis, telur, sosis, dan lain sebagainya. Leker Paimo dijual mulai dari harga Rp2.000 – Rp35.000 sesuai dengan isinya.

5. Sate dan Gule Kambing 29

Sumber: Foursquare

Bagi pecinta kuliner daging kambing jangan lewatkan tempat makan legendaris Kota Semarang yang satu ini. Terletak di dalam pelataran Kota Lama, atau lebih tepatnya di Jl. Letjen Suprapto No. 29, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Anda dapat menemukan tempat makan Sate dan Gule Kambing 29 yang sudah berdiri sejak tahun 1963. Untuk harga satu porsi sate kambing dengan isi 10 tusuk dapat dibanderol dengan harga Rp82.500. Tak hanya itu, menu-menu lain siap untuk Anda cicip seperti gule dan balungan. Tempat ini dibuka setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-21.00 WIB.

Nah, bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi Kota Semarang dan berkeliling wisata kuliner? Dijamin lidah Anda akan dimanjakan oleh pesona kuliner khas Kota Semarang.

Penulis: Diaz Mulya Putri

Editor: Riska Marcela

Sumber foto: www.itrip.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: