Perolehan Sementara Indonesia pada SEA GAMES 2021

Perolehan Sementara Indonesia pada SEA GAMES 2021

SEA Games merupakan pesta olahraga multicabang Asia Tenggara yang telah ditunggu-tunggu dan pada pagelaran SEA Games kali  ini  Vietnam menjadi tuan rumah, acara dibuka pada Kamis (12/5/2022). Perhelatan SEA Games seharusnya diadakan pada tahun 2021, namun dikarenakan adanya pandemi COVID-19 terpaksa diundur dan tak dapat dilaksana tepat waktu. SEA Games Vietnam 2021 akan usai pada Rabu (25/5/2022).

Tercatat, ada 11 negara yang berpartisipasi pada SEA Games Vietnam 2021. SEA Games ke-31 diikuti oleh Vietnam sebagai tuan rumah dan negara lain seperti Myanmar, Laos, Kamboja, Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Pada hari Selasa (10/5/2022), Indonesia berhasil meraih medali pertama di SEA Games 2021 (SEA Games 2022) di Hanoi, Vietnam. Medali pertama yang diraih oleh Indonesia lewat cabor Kick Boxing putri diperoleh atlet Nadya Nakhoir yang membawa medali perunggu.

Dikutip dari CNN Indonesia, dalam pertarungan semifinal 48kg full contact SEA Games Ke-31 yang berlangsung Selasa (10/5), Nadya kalah dari Nguyen Thi Hang Nga dengan skor 0-3. Hal tersebut membuat Nakhoir harus puas hanya meraih medali perunggu.

Lalu pada cabor sepak bola, timnas U23 Indonesia menang telak atas Timor Leste dengan memperoleh skor 4-1. Usai kalah 0-3 dari tuan rumah Vietnam pada laga perdana, timnas U23 Indonesia asuhan Shin Tae-yong menghadapi Timor Leste pada pertandingan kedua.

Duel timnas Indonesia vs Timor Leste pada pertandingan lanjutan fase grup sepak bola SEA Games 2021 tersebut digelar di Stadion Viet Tri, Selasa (10/5/2022) malam WIB.

Witan Sulaeman tampil impresif dengan mencetak dua gol kemenangan timnas U 23 Indonesia, masing-masing pada menit ke-52 dan 77. Adapun, dua gol Indonesia lainnya diraih oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-15 dan bek senior sekaligus kapten tim, Fachruddin Aryanto, menit ke-59. Adapun, satu-satunya gol sambutan Timor Leste pada pertandingan diperoleh Mouzinho Barreto pada menit ke-69.

Pada cabor pencak silat yang mulai ditandingkan di Bac Tu Liem Sport Center, Hanoi, Selasa (10/5/2022). Berdasarkan rilisan NOC Indonesia yang diungkap Kompas.com, Asep Yuldan Sani gugur pada babak eliminasi. Sementara, Puspa Arum Sari meraih kemenangan dan lolos ke semifinal.

Pada babak eliminasi di sektor ganda, Riska Hermawan/Ririn Rinasih (ganda putri) berjaya atas wakil Filipina dan lolos ke semifinal. Namun, Dede Setiadi/Haidir Agung Faletehan (ganda putra) dihentikan wakil Vietnam.

Selanjutnya pada sektor regu, di nomor regu putra, Anggi Faisal Mubarok/Asep Yuldan Sani/Nunu Nugraha yang langsung tampil di semifinal dipastikan lolos ke final. Sementara itu, regu putri Eny Tri Susilowati/Riana Oktavia/Riva Hijriah harus gugur pada babak eliminasi nomor beregu putri.

Hal tersebut menjadikan Indonesia berada di tingkat 6 dengan perolehan 1 medali pada hasil klasemen sementara SEA Games 2021, seraya Malaysia yang memimpin hasil klasemen sementara tersebut dengan total 13 medali.

Penulis: Mayang Luh Jinggan

Editor: Riska Marcela

Sumber: berbagai media kabar online

Sumber foto: Kompas.com

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: