Perilaku Orang Indonesia saat Mengakses Internet Periode 2021!

Perilaku Orang Indonesia saat Mengakses Internet Periode 2021!

Pada 22 Februari kemarin, Google melansir mengenai tingkah laku pengguna internet di Indonesia sepanjang 2021. Google mengumumkan bahwa masyarakat Indonesia semakin tidak percaya akan berita hoax. Berita hoax ialah berita bohong yang disebarkan dengan maksud tujuan tertentu demi kepentingan sendiri. 

Pada laporan Google yang bertajuk Year in Search 2021: Look back to move your business forward, menerangkan terdapat kenaikan pencarian kata kunci ‘berita bohong’ sebesar 52 persen dan ‘kebocoran data’ sebesar 33 persen. Peningkatan kata kunci berita bohong menjadi sebuah tanda bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi yang akurat meningkat.

“2021 adalah tahun untuk beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi dan untuk mengevaluasi kembali apa yang penting bagi kita sebagai individu dan sebagai penghuni Bumi,” jelas Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia dalam dalam jumpa pers virtual Year in Search 2021, Selasa (22/2).

Selain itu, Google mengungkapkan tren orang Indonesia di sektor utama dalam periode satu tahun (Agustus 2020 hingga Agustus 2021).

“Orang Indonesia membuka Google Search untuk mencari ide dan inspirasi, tetapi juga untuk memahami perubahan dan tantangan yang dihadirkan oleh pandemi,” imbuhnya.

Pada sektor kecantikan, orang Indonesia mencari tahu tentang jenis produk baru, dengan minat penelusuran naik 133 persen untuk ‘ceramides’ dan lebih dari 30 kali lipat untuk ‘bakuchiol’. Para pria Indonesia juga lebih sadar akan sektor kecantikan karena terjadi peningkatan penelusuran untuk ‘serum pria’ sebesar 57 persen dan ‘facial wash men’ (sabun muka pria) sebesar 62 persen.

Lalu pada sektor keuangan, banyaknya orang Indonesia yang ingin menyiapkan bekal masa depan dengan menambah ilmu pengetahuan keuangan. Hal itu diekspos dengan adanya peningkatan penelusuran pada kata kunci ‘belajar investasi’ sebesar 83 persen dan ‘aplikasi investasi’ sebesar 70 persen.

Kemudian pada sektor makanan dan minuman, orang Indonesia tampak lebih peduli pada kesehatan karena mencari opsi makanan yang lebih sehat, dengan penelusuran pada makanan ‘plant based’ yang naik sebesar 233 persen dan ‘susu rendah lemak’ yang naik 69 persen.

Selanjutnya, pada sektor media dan hiburan, bidang game kian diminati. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan penelusuran pada kata kunci ‘mabar online’ sebesar 70 persen, ‘walkthrough video game’ sebesar 30 persen, dan topik terkait kompetisi e-sport sebesar 200 persen.

Sementara itu pada sektor teknologi ulasan online semakin populer, dengan peningkatan penelusuran ‘rekomendasi hp’ sebesar 38 persen dan ‘rekomendasi elektronik’ sebesar 78 persen.

Terakhir, pada sektor transportasi dan perjalanan, orang Indonesia tampak lebih peduli dan sadar akan pentingnya pengurangan emisi. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan penelusuran ‘electric car’ (mobil listrik) sebesar 54 persen, ‘emisi mobil’ sebesar 85 persen, dan ‘kendaraan ramah lingkungan’ sebesar 230 persen.

Penulis: Mayang Luh Jinggan

Editor: Riska Marcela

Sumber: CNN Indonesia dan kontan.co.id

Sumber gambar: marketing.co.id

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: