SELAMAT HARI NYEPI 2021

SELAMAT HARI NYEPI 2021

Indonesia adalah negara yang amat multikultural. Mulai dari budaya, bahasa, hingga agama. Banyaknya perbedaan yang hadir di negara ini, menimbulkan kesan unik pada Indonesia. Pasalnya, tak banyak negara memilki keberagaman yang begitu berlimpah seperti Indonesia.

Hari nyepi yang jatuh pada hari Minggu, tanggal 14 Maret ini salah satu bentuk perayaaan agama Hindu dan menunjukan adanya perbedaan dari banyaknya keragaman Indonesia. Perayaan ini bisanya dilaksanakan pada tahun baru Saka, yang artinya hari pertama dari bulan ke 10 (sasih kadasa).

Tujuan dari adanya hari raya nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum dilaksanakannya hari nyepi—kebanyakan daerah, Bali salah satunya, menutup semua aktivitas yang ada untuk seharian penuh, semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum.

Nah, bagi kalian yang ingin ikut mengucapkan namun bingung dan belum mendapatkan inspirasi, berikut kami rangkum beberapa kalimat yang apik untuk dijadikan sebagai referensi. Perlu dicatat bahwa kalimat-kalimat di bawah adalah rangkaian kalimat dari penulis dan dari Banjarmasin Post, Senin (8/3/2021).

  1. Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya selalu diberikan berkah yang melimpah dan hari-hari yang penuh makna.
  2. Hari keagamaan dapat dijadikan sebagai hari untuk melakukan refleksi kehidupan. Semoga amal baik selalu menyertaimu dan keluarga. Selamat merayakan Nyepi.
  3. Selamat Hari Raya Nyepi untukmu dan keluarga. Semoga perjalanan hidup semakin baik, dan tahun ini mendapat banyak pencapaian.
  4. Selamat Hari Raya Nyepi. Saya harap kehidupanmu selalu diberi kedamaian dan semakin bermakna. Semoga sepanjang hidup selalu diberi ketenangan jiwa.
  5. Di tengah kesunyian Hari Raya Nyepi, jadikanlah momen tersebut sebagai momen untuk introspeksi diri agar kedamaian selalu menyertaimu. Selamat Hari Raya Nyepi.
  6. Dalam keheningan sepi, semoga kita dapat menemukan jati diri untuk dapat melangkah lebih baik dalam perjalanan hidup ke depan. Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian, Tahun Baru Saka 1943.
  7. Selamat Hari Raya Nyepi 2021, Tahun Baru Saka 1943 bagi umat Hindu yang melaksanakannya. Semoga selalu dalam lindungan Tuhan.
  8. Tak ada kata, tak ada bara. Gemericik air suci mengalir di dalam hati. Selamat Hari Nyepi. Damai di bumi, bahagia di langit.
  9. Hari Nyepi adalah hari suci. Semoga tetap kukuh dalam melaksanakan Catur Brata Nyepi dan senantiasa sehat selalu.
  10. Luruhkan amarah, dendam, dan sifat-sifat buruk lainnya. Kita bangun optimisme dan semangat. Selamat Hari Raya Nyepi Tahun 2021, Tahun Baru Saka 1943.

Dengan keberagamaan yang melimpah, diharapkan masyarat tetap harmonis terhadap siapapun, entah dari agama ataupun budaya yang berbeda. Karena dengan tetap harmonis, Indonesia akan semakin erat menjalin toleransi dengan sesama.

Penulis: Arelliza Mucharomy Agistie

Editor: Almira Felicia Anjar

Sumber Gambar: Twitter Kemenag RI

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: