MEMILIKI HOBI FOTOGRAFI, ARDHAN: JANGAN JADIKAN UANG SEBAGAI PRIORITAS

MEMILIKI HOBI FOTOGRAFI, ARDHAN: JANGAN JADIKAN UANG SEBAGAI PRIORITAS

Ardhan Zuan yang memiliki nama panjang Ardhan Zuan Dhiya ‘Ulhaq lahir pada 7 maret 2003. Remaja yang sebentar lagi akan menginjak usia 18 tahun ini kini duduk kelas 12 SMK. Ardhan sendiri saat ini masih menempuh pendidikannya di SMKN 11 Semarang.

Pelajar asal Semarang ini mengungkapkan bahwa dirinya sudah terbiasa dengan memotret sejak SMK kelas 1. “Kalo aku udah lumayan terbiasa kira-kira dari SMK kelas 1,” ungkap Ardhan.

Hobi fotografi yang telah digeluti oleh Ardhan sejak kelas satu ini pun akhirnya mengantarkannya menjadi juara pertama dalam lomba Dinus Photowalk #6. Ardhan sendiri mengambil konsep “Belajar di Rumah”, ia menceritakan “aksud dirinya mengambil konsep tersebut.

“Aku ambil konsep belajar dirumah karna temanya untold story during pandemic, karna di pandemi ini sekolah diberhentikan dan itu membuat murid-murid yang harusnya bertatapan langsung dan belajar di kelas menjadi hanya bisa belajar dirumah dengan cara daring maka dari itu aku ambil konsep belajar di rumah yang sesuai dengan apa yang murid rasakan di pandemi ini,” tutur Ardhan.

Karena sudah terbiasa memotret Ardhan juga mengungkapkan bahwa fotografi juga bisa dijadikan prospek pekerjaan kedepannya. Pelajar asal Semarang ini terkadang juga menjadi seorang freelancer seperti foto katalog kelas, foto pribadi dan masih banyak lagi. Menjadi fotografer freelancer juga merupakan tantangan bagi Ardhan, seperti model atau client yang sering minta take ulang dan pengaruh musim serta cuaca yang tak menentu.

Menurut Ardhan, hobi dibidang fotografi memang bisa menghasilkan materi berupa penghasilan, tapi dia juga berpesan jika hobi yang kita miliki jangan dijadikan sebagai pekerjaan yang tetap. Namun, kita juga harus mempunyai pekerjaan sendiri dan bisa melakukan hobi kita dengan fun agar kita tidak memikirkan apakah hobi yang kita jalani ini bisa jadi uang atau tidak.

Penulis: Riska Marcela

Editor: Almira Felicia

SLOT DEPOSIT PULSA

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: