KUOTA INTERNET KEMENDIKBUD AKAN CAIR MARET INI

KUOTA INTERNET KEMENDIKBUD AKAN CAIR MARET INI

Pembelajaran jarak jauh ‘ pada masa pandemi seperti sekarang ini tentu membuat kebutuhan internet kita meningkat. Mulai dari penggunaan google classroom, google meet, hingga zoom sebagai media pembelajaran yang mana media-media tersebut tentu membutuhkan koneksi internet.

Melihat hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memutuskan untuk memberikan bantuan berupa kuota gratis yang akan diberikan kepada para pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen. Bantuan kuota ini telah dilakukan secara efektif sejak 2020 lalu.

Kabar gembira bagi seluruh penerima bantuan kuota ini karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim resmi mengumumkan tentang penyaluran bantuan kuota internet pada tahun 2021. Bantuan kuota internet ini akan mulai dicairkan bulan maret 2021 ini.

Namun, berbeda dari bantuan kuota internet pada tahun sebelumnya, Kemendikbud memberikan bantuan kuota internet dengan besaran yang berbeda dan juga memberikan fleksibilitas yang lebih dalam menggunakan bantuan kuota tersebut. Bantuan kuota yang akan diberikan tahun ini juga bisa digunakan untuk mengakses YouTube dan mengakses informasi di mesin pencari, tapi bantuan kuota tersebut dibatasi untuk tidak dapat mengakses aplikasi-aplikasi permainan dan sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Berikut ini adalah rincian bantuan kuota internet Kemendikbud tahun 2021:

Peserta didik PAUD mendapat 7GB per bulan. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapat 10 GB per bulan. Pendidik PAUD, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengahh mendapatkan bantuan 12 GB per bulan. Mahasiswa dan dosen mendapatkan bantuan 15 GB per bulan.

Dalam pengumuman resminya di akun YouTube Kemendikbud, Nadiem Makarim mengumumkan bahwa bantuan akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan akan berlaku 30 hari sejak kuota data diterima. Nadiem berharap bantuan kuota tersebut dapat menjadi suatu jembatan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang sedang diterapkan sekarang ini.

Penulis: Syafiq Hariyanto

Editor: Amrina Rosyada

Sumber: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: