Selamat Hari Pramuka Nasional 2020

Jika kita berbicara tentang hari pramuka pasti kita langsung teringat memori-memori menyenangkan saat dibangku Sekolah dasar (SD)  hingga Sekolah menengah atas (SMA). Dimulai belajar tepuk-menepuk tangan, baris-berbaris, bahkan hingga ilmu tentang memelihara dan mencintai alam.

Jika diurutkan ada beberapa tingkatan dalam pramuka saat ini, dimulai dari siaga, penggalang, penegak, dan bendeka yang seluruhnya diklasifikasi berdasar umur anggota itu sendiri.

Mengutip berita Kompas.com, gerakan kepanduan sesudah Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang terdata pada waktu itu sebanyak 71 organisasi kepanduan. Pada 9 Maret 1961 Presiden Soekarno membuat gerakan-gerakan itu menjadi satu, dengan dibantu panitia penyelenggara lainnya lahirlah sebuah gerakan yang diberi nama Pramuka (Praja muda Karana).

Praja Muda Karana atau yang lebih sering disebut pramuka merupakan gerakan kepanduan yang diperkirakan sudah ada sebelum berdinya Republik Indonesia. Hari Pramuka biasa diperingati setiap tanggal 14 Agustus, Tidak sedikit anggota pramuka yang merayakan Hari Pramuka dengan sekadar nge-camp atau kemah.

Pelantikan Ketua pramuka saat itu terjadi pada tanggal 14 Agustus 1961, yang kini tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pramuka.

Jika kita tarik mundur kebelakang, ada nama Sir Robert Baden Powell dikenal sebagai Bapak Pramuka Dunia. Pria yang lebih terkenal dengan sebutan Baden Pawell ini lahir pada 22 Februari 1857 Di Inggris Raya. Badel Powell mendirikan gerakan kepanduan yang bernama Boy Scout pada tahun 1908.

Penulis             : Anugrah Tri Ramadhan

Editor              : Safira Nur

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: