Dinus Inside 2024: Fakultas Teknik Fokus pada Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Rabu, 11 September 2024, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali mengadakan Dinus Inside, kegiatan tahunan untuk menyambut mahasiswa baru. Salah satu fakultas yang turut aktif dalam acara ini adalah Fakultas Teknik. Dalam rangkaian acara, para mahasiswa baru diperkenalkan dengan berbagai materi dasar, termasuk tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Amalia, seorang dosen Fakultas Teknik yang menjadi pembicara utama, menyampaikan sejumlah panduan penting terkait K3. “Kesehatan dan keselamatan adalah prioritas utama. Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa baru memahami risiko yang mungkin terjadi di lingkungan kampus, serta cara-cara untuk menghindarinya,” ujar Amalia dalam sesi diskusi. Menurutnya, mahasiswa teknik diharapkan bisa lebih waspada dan proaktif dalam menjaga keamanan, terutama di lingkungan laboratorium.

Lebih lanjut, Amalia menjelaskan bahwa mahasiswa juga diharapkan dapat berperan aktif jika menyaksikan insiden, seperti perampokan atau kekerasan di kampus. “Segera laporkan kejadian tersebut ke P2K3. Mahasiswa dapat membantu dengan menjadi saksi, sehingga pihak universitas bisa segera melakukan investigasi,” tambahnya. Penegasan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih aman dan kondusif bagi semua pihak.

Selain membahas aspek keamanan, Amalia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan fisik selama masa perkuliahan, khususnya dalam penggunaan gadget dan laptop. “Posisi duduk yang baik sangat penting. Pastikan untuk selalu duduk tegak agar terhindar dari masalah kesehatan seperti saraf terjepit atau gangguan pada tulang belakang,” jelas Amalia. Dia juga memberikan saran praktis, yaitu menjaga jarak pandang sekitar 20 kaki atau 6 meter setelah lama menatap layar ponsel atau laptop, untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan adanya materi ini, diharapkan mahasiswa Fakultas Teknik Udinus tidak hanya fokus pada prestasi akademik, tetapi juga menjaga kesehatan dan keselamatan mereka di kampus

.

Penulis: Annisa Cardina

Editor: Annisa Cardina

Dokumentasi: WartaDinus (Annisa Cardina)

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: