Seminar Fakultas Ilmu Budaya Udinus Bahas Kepemimpinan dan Kesepian di Era Gen Z

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan seminar untuk mahasiswa baru (maba) FIB angkatan 2024, sebagai bagian dari rangkaian acara Dinus Inside. Seminar yang dilaksanakan di Auditorium Gedung B Lantai 5 Udinus ini menghadirkan dua pembicara utama yang membahas kepemimpinan dan isu kesepian di kalangan generasi Z atau yang sering disingkat Gen Z.

Pembicara pertama, Monica Niken Wulandari, M.Pd., dosen Akademi Kepolisian (Akpol) Kota Semarang menyampaikan materi tentang kepemimpinan transformasional dan strategi efektif bagi Gen Z. Dalam paparannya, Monica menjelaskan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu membawa perubahan serta mengelola tim dengan baik. 

“Pemimpin yang sukses adalah mereka yang bisa menginspirasi orang lain untuk berkembang bersama,” ucap Monica.

Selain membahas kepemimpinan, Monica juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial di era sekarang. 

“Generasi Z harus bijak dalam bersosial media, karena apa yang kita unggah dapat berdampak besar, baik pada diri sendiri maupun orang lain,” tambahnya.

Pembicara kedua, Anggiafitri Yulissusant, S.Psi., M.Psi., psikolog dari Udinus, membahas mengenai isu kesepian yang sering dialami oleh generasi muda. Ia menjelaskan bahwa kesepian bisa disebabkan oleh faktor personal maupun lingkungan sekitar. 

“Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesepian, antara lain mengenal diri sendiri, belajar mengelola emosi, melakukan kegiatan positif, dan kembali terkoneksi dengan orang-orang di sekitar,” ucapnya.

Alvian Rama Putra, Ketua Pelaksana dari Program Studi S-1 Bahasa Inggris berharap, melalui seminar ini mahasiswa baru FIB dapat memperoleh wawasan baru mengenai kepemimpinan serta cara mengurangi rasa kesepian di kalangan remaja. 

“Saya berharap dengan seminar ini dapat memberikan insight baru yang lebih luas dan sadar dengan diri mereka sendiri,” tutupnya.

Penulis : Muhammad Kurniawan 

Editor : Shazia Mirza

Dokumentasi : Wartadinus (Muhammad Kurniawan)

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: