Sambut Mahasiswa Baru, FIB Udinus Tekankan Pentingnya Softskill di Dinus Inside 2024

Sambut Mahasiswa Baru, FIB Udinus Tekankan Pentingnya Softskill di Dinus Inside 2024

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang tengah menggelar acara Dinus Inside yang dilaksanakan  mulai  tanggal 9-11 September 2024. Dinus Inside merupakan kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru Udinus. Pada acara ospeknya tersebut, dibagi menjadi 2 bagian yaitu ospek universitas dan ospek fakultas. 

Dalam ospek fakultasnya, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus sendiri mengusung tema “Membentuk Generasi Pemimpin Berbudaya, Inklusif, dan Kritis.” Pada sesi pertama, terdapat  segenap acara yang dilakukan di Gedung B5 tersebut, di antaranya seperti pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang dipandu oleh masing-masing perwakilan, serta dilanjutkan games dan penugasan.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Sri Mulatsih, Dra. M.Pd., memberikan penjelasan mengenai alasan mahasiswa harus masuk Orma.

“Jadi, kalau kuliah itu jangan kampus pulang kos, kampus pulang kos, gitu ya. Jadi perlu juga adanya kegiatan kemahasiswaan. Jadi, kita perlu menguasai adanya hardskill dan softskill. Hardskill biasanya didapatkan dari hasil kuliah. Tapi IPK bagus itu, tidak ada gunanya kalau tidak mengikuti softskill yang bagus. Nah softskill ini biasanya itu didapat dari kegiatan kemahasiswaan atau organisasi kemahasiswaan,” ungkapnya.

Tahun ini, Fakultas Ilmu Budaya telah berhasil menghadirkan 11 mahasiswa asing dari berbagai negara dalam acara tersebut. Para mahasiswa tersebut diberikan kesempatan untuk mengenalkan dirinya, baik dari perkenalan nama, asal negara beserta kotanya, dan hal tentang dirinya. Tentunya, perkenalan mereka menggunakan Bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan oleh Liaison Officer (LO).

Mahasiswa baru diberikan penugasan berupa membuat yel-yel yang kemudian ditampilkan secara berkelompok setelah pengenalan mahasiswa asing. Antusiasme mahasiswa saat pertunjukan yel-yel tersebut menjadikan suasana lebih meriah.

Penulis: Aiska Muti Salsabila

Editor: Cantika Caramina 

Dokumentasi: Wartadinus (Rahma Andiansyah)

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: