Pemaparan Materi Character Building untuk Membangun Karakter Menyenangkan pada Maba FIK

Pemaparan Materi Character Building untuk Membangun Karakter Menyenangkan pada Maba FIK

Pada hari kedua Dinus Inside, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mangadakan kuliah dengan materi Character Building yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru (Maba) FIK tahun 2024. Acara ini berlangsung di Gedung H lantai 7 Ruang 3 Udinus pada Senin, 10 September 2024. 

Materi disampaikan oleh dosen prodi Sistem Informasi, Wellia Shinta Sari, M. Kom seputar Character Building. Beliau menegaskan bahwa tujuan diajarkannya materi Character Building di acara Dinus Inside yaitu untuk membangun, memperbaiki, menambah, dan mengurangi sikap yang berlebihan. 

“Membangun, memperbaiki, yang kurang ditambah, yang lebih dikurangi,” tuturnya.

Dalam materi yang dijelaskan, beliau membahas tentang karakter yang didefinisikan oleh Alpiyanto sebagai keseluruhan dari nilai-nilai. Keyakinan, dan kepribadian, seperti ketulusan, sifat tidak mementingkan diri sendiri, pengertian, pendirian, keberanian, loyalitas, dan rasa hormat. Selain itu, Bu Wellia membahas mengenai empat karakter manusia yang terdiri dari koleris, sanguiris, phlegmatis, dan melankolis. 

Kuliah diakhiri dengan materi inner child dan kerjasama. Saat materi kerjasama beliau menjelaskan manfaat kerjasama, pengertian kerjasama, dan pentingnya kerjasama. Dalam penyampaian materi, Bu Wellia menegaskan bahwa dalam bekerjasama,  terdapat kesulitan untuk menjalin kekompakan. Namun, hal tersebut harus dibangun sesegera mungkin karena akan penting di dunia kerja. 

“Untuk menjalin kekompakan itu, kerjasama memang susah, tapi harus dibina karena nanti di tempat anda bekerja pun harus ada integrasi di seluruh bagian pekerjaan anda,” tegasnya. 

Dengan dibawakannya materi Character Building di Dinus Inside FIK, Bu Wellia berharap agar semua mahasiswa yang lulus memiliki karakter yang menyenangkan.

“Supaya nanti anda lulus itu menjadi mahasiswa yang selain pintar, IPK-nya bagus, sukses, tapi juga menjadi seseorang yang berkarakter menyenangkan,” tutupnya.

Penulis: Hilyana Arieandhien

Editor: Cantika Caramina

Dokumentasi : Wartadinus (Hilyana Arieandhien)

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: