BNN Provinsi Jawa Tengah Berikan Kuliah Umum dalam Dinus Inside 2024 untuk Mahasiswa Baru Udinus

BNN Provinsi Jawa Tengah Berikan Kuliah Umum dalam Dinus Inside 2024 untuk Mahasiswa Baru Udinus

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah mengadakan kuliah umum bertajuk “Bergerak Bersama Melawan Narkoba,” untuk mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro pada Senin, 9 September 2024. Kuliah umum ini disampaikan oleh Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah, Brigjen. Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum., dan diikuti oleh 3.657 mahasiswa baru di Lapangan Gedung G Udinus.

Dalam sesi pembukaan, Brigjen. Agus Rohmat menekankan pentingnya aksi kolektif dalam melawan narkoba. “Saya ingin mengajak semuanya, ya, adik-adik semuanya, mari kita bergerak bersama melawan narkoba,” ujarnya.

Brigjen. Agus Rohmat menjelaskan ancaman narkotika di Indonesia, termasuk dampak buruk terhadap kesehatan tubuh, penyebaran wilayah, dan potensi pasar. Ia juga memperingatkan tentang narkotika jenis baru, New Psychoactive Substances (NPS), dengan 93 jenis yang sudah masuk ke Indonesia, seperti synthetic cannabinoid yang dapat ditemukan di tembakau gorila, permen, dan vape.

Lebih lanjut, ia menguraikan hukum terkait penggunaan narkotika menurut agama, ia menegaskan bahwa tidak ada agama yang mengizinkan penggunaan narkotika. Brigjen. Agus Rohmat juga menggambarkan ciri-ciri penyalahguna narkotika, seperti halusinasi dari ganja dan Lysergic Acid Diethylamide (LSD), serta memberikan informasi tentang strategi BNN dalam penanggulangan narkoba. Strategi tersebut meliputi pendekatan soft power melalui pencegahan dan rehabilitasi, hard power untuk pemberantasan dan penyidikan, serta smart power dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Ia juga menyarankan mahasiswa untuk menyebarluaskan informasi mengenai pencegahan narkoba dan merekomendasikan agar kampus bekerja sama dengan BNN untuk melakukan tes urine guna mencegah pemalsuan hasil tes.

Brigjen. Agus Rohmat memberikan contoh yang perlu dilakukan  mahasiswa sebagai generasi muda adalah dengan cerdas menyikapi strategi penyebaran narkoba, yaitu mulai dari sikap harus berani menolak narkotika (say no to drugs) berani rehabilitasi, dan berani lapor jika menemukan pengguna narkotika.

“Mari bersama kita bergerak melawan narkoba dan wujudkan Jawa Tengah bersinar, bersih narkoba, menuju Indonesia bersinar. Berani tolak, berani rehab, berani lapor,” tutup Brigjen. Agus Rohmat.

Penulis : Dinar Emilia

Editor : Shazia Mirza 

Dokumentasi : Wartadinus (Iman Agung Rejeki)

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: