KPUR Gelar Debat Pemira 2024

KPUR Gelar Debat Pemira 2024

Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUR) menyelenggarakan program kerja tahunan, yakni Debat Pemira. Kegiatan berlangsung pada Selasa, 2 Juli 2024 di Auditorium Gedung H lantai 7, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Dalam Debat Pemira yang dilaksanakan ini, para calon pemimpin dari Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM Fakultas) memaparkan visi misi dan mengikuti serangkaian kegiatan debat.

Tahun ini, Nabila Salma menjadi Ketua Pelaksana kegiatan. Ia menyebutkan tujuan utama dari KPUR melaksanakan Debat Pemira untuk menentukan dengan tepat para calon pemimpin masa depan organisasi-organisasi mahasiswa di Universitas Dian Nuswantoro. Hal ini juga mendorong dalam membangun kesadaran para mahasiswa di Udinus akan pentingnya berdemokrasi di lingkungan kampus.

“Kegiatan ini mengajak mahasiswa menggunakan hak suara untuk memilih calon pemimpin dengan bijak. Juga sebagai sarana pembelajaran politik dalam area kampus yang berada di sebuah negara dengan nilai-nilai demokrasi, Indonesia,” jelasnya.

Debat Pemira 2024 dibagi menjadi 6 sesi. Sesi pertama adalah penyampaian visi dan misi dari setiap calon pemimpin. Sesi kedua, para pemimpin diwajibkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan oleh panelis. Sesi ketiga dilanjutkan oleh setiap calon pemimpin dipersilakan untuk saling memberikan pertanyaan dan menanggapi pertanyaan tersebut. Sesi keempat, para calon pemimpin diwajibkan untuk menjawab pertanyaan dari ketua yang sedang menjabat periode 2023-2024. Sesi kelima adalah sesi yang cukup santai, yakni menunjukkan yel-yel dari setiap calon pemimpin. Sesi terakhir adalah sesi foto bersama dengan para calon pemimpin.

Susunan debat dimulai dari para calon pemimpin Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa, dilanjutkan dengan para calon dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya,

“Semoga di PEMIRA 2024 ini semakin banyak mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang ikut berpartisipasi saat pemilihan para,” harap Nabila selaku ketua pelaksana Debat Pemira 2024.

Penulis: Anastasya

Foto: Dok. Wartadinus (Ika Safira)

Editor: Ika Safira

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: