Ruangguru Ciptakan Clash of Champions, Hadirkan Banyak Mahasiswa Berprestasi dari Berbagai Kampus Ternama

Ruangguru Ciptakan Clash of Champions, Hadirkan Banyak Mahasiswa Berprestasi dari Berbagai Kampus Ternama

Platform pendidikan Ruangguru menggelar acara Clash of Champions, yaitu acara kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus ternama. Dalam acara ini, akan diadu kecerdasan dari puluhan mahasiswa dari universitas ternama di Indonesia. Universitas-universitas tersebut adalah IPB (Institut Pertanian Bogor), ITB (Institut Teknologi Bandung), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Unair (Universitas Airlangga), Unand (Universitas Andalas), Binus (Universitas Bina Nusantara), Undip (Universitas Diponegoro), UB (Universitas Brawijaya), UGM (Universitas Gadjah Mada), Unhas (Universitas Hasanuddin), UI (Universitas Indonesia), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Unpad (Universitas Padjajaran), dan Unud (Universitas Udayana).

Gambar 1 Pembacaan peraturan oleh moderator kepada para peserta

Dalam acara ini, akan diuji kemampuan peserta dalam bidang matematika, deduksi dan hafalan yang dikemas dalam bentuk tantangan. Para peserta melakukan misi dengan tingkat kesulitan yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk aritmatika, penalaran, dan hafalan. Clash of Champions mempertandingkan permainan yang disajikan secara individu atau kelompok tanpa memandang asal universitas. Terdapat satu tantangan yang akan dijalani seluruh peserta di masing-masing episodenya, di mana tantangan tersebut dapat menentukan seberapa jauh peserta dapat bertahan di kompetisi ini.

Gambar 2 Para peserta mengerjakan soal yang diberikan

Pada episode pertama yang tayang pada tanggal 29 Juni 2024, para peserta diberi tantangan untuk menjawab soal hitungan. Dari 40 peserta, 30 peserta akan maju di babak selanjutnya, sedangkan 10 peserta akan tereliminasi. Terdapat 3 babak yang di setiap babaknya hanya memberikan kuota kepada 10 mahasiswa tercepat. Soal pertama adalah soal penjumlahan dimana setiap peserta diberi tantangan untuk menjumlahkan 625 angka secara teliti. Setiap peserta yang sudah selesai menjawab akan memencet bel untuk mengonfirmasi jawaban mereka benar atau salah. Pada babak kedua, para peserta akan menghitung 360 angka di dalam segi berpola yang berbentuk seperti sarang lebah. Lalu, pada babak ketiga, para peserta akan menghitung hasil setiap operasi bilangan di dalam setiap segi enam, yang kemudian dijumlahkan.

Gambar 3 Soal babak ketiga

Setelah ketiga babak tersebut, 10 peserta yang tidak bisa menjawab sama sekali akan tereliminasi dari Clash of Champions. Sepuluh peserta tersebut adalah mahasiswa-mahasiswa dari UGM, Unair, Unand, Unpad, Unhas, UIN Syarif Hidayatullah, UI, dan Binus. Namun, 1 mahasiswa dari UGM dan 1 mahasiswa dari ITB mengundurkan diri karena suatu alasan dan digantikan dengan 1 mahasiswa dari masing-masing kampus, yaitu UI dan Binus.

Pada episode 2 yang tayang pada tanggal 30 Juni 2024, dihadirkan 10 mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berkuliah di kampus-kampus ternama seperti NUS (National University of Singapore), KAIST (Korea Advance Institute of Science & Technology), SUTD (Singapore University of Technology & Design), UCSD (University of California San Diego), Yale (Yale University), NTU (Nanyang Technological University), dan University of Oxford.

Episode ini dibagi menjadi 3 fase yang saling berkaitan. Fase pertama adalah fase memorize, fase kedua adalah fase recall, dan fase ketiga adalah examine. Para peserta akan ditantang untuk menghafalkan 52 kartu. Lalu, memasukkan setiap kartu tersebut ke dalam card holder. Setelahnya, para peserta diminta untuk berurutan membacakan kartu mereka, dan yang salah akan duduk di tengah arena menunggu sampai peserta terakhir selesai menjawab. Pemenang episode ini adalah Sandy dari NUS yang berhasil mengingat 46 kartu dengan benar.

Gambar 4 Peserta menjawab hasil hafalan kartu

Selanjutnya, 10 mahasiswa yang berhasil bertahan lama menjawab kartu (para pemenang), diberikan kesempatan memilih anggota kelompok mereka, karena tantangan selanjutnya membutuhkan kerja sama tim. Setiap kelompok beranggotakan 4 mahasiswa. Terdapat Guest Quiz Master di akhir acara yaitu lulusan Korea Science Academy of KAIST, Heo Seong Beom, dan berlanjut di episode 3 yang akan tayang pada tanggal 6 Juli 2024. 

Penulis: Shazia Mirza

Sumber artikel: ruangguru.com

Sumber gambar: YouTube Ruangguru

Editor: Rahma Fadila Rahayu

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: