Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran Ketiga,  Timnas Indonesia Cetak Sejarah Baru

Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran Ketiga, Timnas Indonesia Cetak Sejarah Baru

Timnas Indonesia gemparkan publik karena mencetak sejarah baru dengan lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia berhasil menang ketika bersua timnas Filipina dengan skor 2-0. Pertandingan ini digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024.

Timnas Indonesia berada di Grup F bersama dengan Irak, Vietnam, dan Filipina. Kemenangan didapatkan dari dua gol yang dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-31 dan Rizky Ridho pada menit ke-55 untuk Indonesia pada pertandingan kali ini. Hal ini menjadikan hasil akhir peraihan poin Indonesia meningkat, yaitu 10 poin dan berada di bawah Irak yang mengantongi 18 poin. Hasil akhir poin yang tidak dapat dikejar oleh Vietnam dan Filipina, menjadikan Timnas Indonesia dan Irak bersama-sama lolos babak Kualifikasi Putaran Ketiga.

Pada 38 tahun silam, tepatnya 1986 Indonesia pernah bermain di Putaran Final Piala Dunia. Namun, saat itu formatnya berbeda dengan format yang digunakan sekarang. Masih dengan nama Hindia Belanda, Indonesia lolos ronde pertama yang kemudian menghadapi Korea Selatan dalam pertemuan dua leg dengan skor akhir kalah telak yaitu 0-2 dan 1-4 atas Korea Selatan.

Indonesia menjadi satu-satunya wakil negara ASEAN yang melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, mengungguli negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Selanjutnya pada putaran ketiga, Indonesia akan melawan beberapa tim dari 17 negara yang lolos kualifikas Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di putaran ketiga nantinya setiap tim akan melakoni 10 pertandingan, dengan 5 laga kandang dan 5 laga tandang yang akan dimulai pada September mendatang.

Penulis: Hilyana Arieandhien

Sumber: detiksulsel, getty images

Editor: Yiyis Juni S

Related Post

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: