Semarang, 5 Desember 2024 – Program Bimbingan Karir Fakultas Ilmu Komputer 2024 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menghadirkan rangkaian seminar bertajuk “Branding and Beyond”, yang berlangsung pada Kamis, 5 Desember 2024. Seminar ini dihadiri oleh dosen-dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi (ILKOM) dan Film dan Televisi (FTV), serta mahasiswa semester 5 dan 7 dari kedua program studi tersebut.
Seminar ini menghadirkan tiga pembicara profesional yang memberikan wawasan mendalam mengenai branding, dunia kerja, dan pengembangan diri di era digital. Acara diawali dengan sambutan dari Rahmawati Zulfiningrum, M.I.Kom., selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam sambutannya, beliau berharap agar mahasiswa dapat lebih aktif dalam mendapatkan bekal sebelum nantinya terjun ke dunia kerja yang profesional, “Saya berharap anak-anak dapat menggali pertanyaan yang mendalam mengenai dunia kerja di bidangnya agar mempunyai gambaran untuk kedepannya,” jabarnya.
Menyiapkan Diri untuk Dunia Kerja
Topik “Branding and Beyond” dipilih untuk membantu generasi muda, khususnya Gen Z, memahami pentingnya personal branding, terutama di era digital. Hal ini ditekankan oleh Yulianti, sekretaris koordinator Bimbingan Karier. “Sekarang banyak perusahaan yang melihat dari media sosialnya, sehingga penting bagi mahasiswa untuk membranding diri mereka dan dapat mempersiapkannya dari sekarang,” ucapnya.
Acara seminar “Branding and Beyond” menghadirkan tiga narasumber yaitu Aris Budiyanto selaku AVP Postpaid Operation, Indosat Semarang kedua ada Tantida Isa selaku Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan, BUMN Perhutani Divre Jateng dan terakhir Akhmad Fesdi Anggoro selaku Editor Film & VFX Artist. Ketiganya memberikan pemaparan mendalam tentang pentingnya personal branding dan etika dalam dunia profesional khususnya masing-masing bidangnya.
Pesan Inspiratif dari Pembicara Profesional
Salah satu kutipan menarik datang dari pembicara kedua yaitu Aris Budiyanto, yang menekankan pentingnya sikap menghargai orang lain dalam setiap langkah karier. “Sehebat apa pun yang kita bangun dan miliki, jangan pernah merendahkan orang lain. Tetaplah respect kepada siapapun,” ujarnya.
Sementara itu, pembicara ketiga, Akhmad Fesdi Anggoro, yang dikenal sebagai Editor Film dan VFX Artist, berbagi pengalaman berharga serta memberi pesan inspiratif. “Jangan pernah cepat puas. Teruslah mengembangkan diri, menambah kapasitas ilmu, dan tetap konsisten,” tuturnya.
Langkah Strategis Udinus
Seminar “Branding and Beyond” bukan hanya memberikan wawasan mengenai pentingnya personal branding di era digital, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis untuk menghadapi dunia kerja. Melalui sesi bersama tiga pembicara ahli dari berbagai bidang, peserta mendapatkan gambaran tentang peluang karier, strategi komunikasi profesional, dan pentingnya etika dalam membangun citra diri.
Nur Fitriana selaku ketua pelaksana menambahkan senang sekali bisa berkesempatan menjadi ketua pelaksana acara seminar pada tahun ini.“Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian tema besar Bimbingan Karir 2024, dengan mengambil tema ‘Branding and Beyond’. Harapannya, seminar ini dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa yang ingin bekerja atau magang di industri corporate maupun kreatif,” tutupnya.
Selain itu, mahasiswa juga diberikan wawasan penting untuk menemukan rekan kerja yang memiliki visi dan misi yang sejalan, agar dapat saling mendukung di dunia profesional. Seminar ini pun menjadi ajang mahasiswa untuk bertanya langsung kepada para pembicara, menggali tips dan trik, serta memahami lebih dalam tentang realitas dunia kerja.
Dengan semangat dan wawasan yang didapatkan, acara ini sukses menjadi salah satu langkah strategis Udinus dalam mempersiapkan mahasiswanya memasuki dunia kerja. Kesan positif dari peserta menunjukkan antusiasme tinggi terhadap seminar yang inspiratif ini.
Penulis: Muhammad Kurniawan
Editor: Cantika Caramina
Dokumentasi : Wartadinus (Muhammad Kurniawan)