Semarang, 30 November 2024 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ilkom) Udinus meluncurkan kampanye “Sosmedku Adalah Diriku” guna membangun personal branding lewat akun sosial media. Kampanye dilaksanakan secara langsung di SMA N 4 Semarang pada tanggal 29 November 2024 dan dihadiri sebanyak 40 siswa kelas 10 dan 11. Kampanye branding diri diwujudkan sebagai bentuk dorongan kepada siswa SMA N 4 Semarang untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri lewat akun utama sosial media mereka dan sebagai respon terhadap fenomena penggunaan second account yang banyak diadopsi generasi muda untuk menyalurkan hobi, kegiatan, dan mengekspresikan diri ketimbang di akun utama yang dibiarkan kosong. Dengan mengusung tagline “Shine Your Light, Build Your Future” diharapkan dapat mendorong para siswa untuk menjadikan media sosial sebagai ruang membangun jati diri yang autentik dan positif.
Siti Ekawati, S.Pd., M.Pd., selaku waka kesiswaan SMA Negeri 4 Semarang, memberikan pendapatnya, “Saya berharap, anak-anak SMA N 4 Semarang dapat menimba banyak ilmu dari kegiatan ini dan serius mengikuti rangkaian kegiatannya. Karena ini adalah kesempatan emas untuk kalian belajar cara memanfaatkan dan menggunakan media sosial dengan bijak dan kesempatan ini tidak akan datang dua kali.” ujarnya.
Sementara, Ketua Pelaksana The Builders, Fadila Dwi Afriliani, menjelaskan bahwa kegiatan kampanye diharapkan bisa membantu siswa-siswi dalam memahami pentingnya membangun citra positif di media sosial.
“Kami berharap siswa-siswi dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk mengembangkan diri, membangun citra positif, dan belajar bersikap bijak dalam bersosial media.” jelas Fadila.
Dalam kegiatan kampanye, para siswa diajak untuk ikut terlibat dalam sesi interaktif dan edukatif melalui rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh team The Builders. Dimulai dari booth yang diisi dengan dekorasi menarik seperti permainan spin wheel dan photobooth, sehingga ramai dikunjungi oleh siswa SMA Negeri 4 Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow di Lab Biologi yang disampaikan oleh Lukas Yulianto, S.Ikom, M.Par, selaku dosen Ilmu Komunikasi Udinus.
Kegiatan talkshow juga dilengkapi dengan sesi pre test dan post test untuk mengukur pemahaman atas materi yang akan disampaikan. Sesi pre test dan post test dilakukan untuk memastikan bahwa materi yang akan disampaikan bisa dipahami oleh siswa SMA Negeri 4 Semarang dan meningkatkan wawasan mereka.
Kampanye “Sosmedku Adalah Diriku” diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan, terutama bagi generasi muda yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan masa depan. Melalui berbagai sesi edukatif dan interaktif yang difasilitasi oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Udinus, siswa-siswi SMA 4 Semarang diharapkan menjadi paham tentang pentingnya menjadi diri sendiri di media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial secara cerdas, mereka tidak hanya dapat belajar dan berkembang, tetapi juga membangun jaringan yang akan bermanfaat bagi karir akademis dan profesional mereka di masa depan.
Penulis : Team The builders
Gambar: Team The Builders
Editor : Maulidya